Pelayanan Ternak Minpro Pemberdayaan Masyarakat “Suluh”



Sabtu, 17 Mei 2014. Minpro Pemberdayaan Masyarakat “Suluh” melaksanakan agenda rutin mereka yaitu Pelayanan Ternak. Program kali ini merupakan program perdana sejak terpilihnya ketua yang baru periode 2014-2015 yaitu I Gede Made Sunu Satwika Nur Agung. Kegiatan kali ini bertempat di Desa Sanding, Kecamatan Tampak Siring, Gianyar, dengan peserta kurang lebih 90 mahasiswa semester VI Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana.

Dimulai pukul 09.32 WITA, disambut langsung oleh kepala desa setempat yaitu Drs. Wayan Dasa di wantilan desa. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya pada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana atas kepeduliannya untuk selalu memberikan pelayanan ternak kepada masyarakat di desanya. Beliau juga berpesan agar kegiatan ini tetap rutin diselenggarakan untuk periode-periode berikutnya.

Kegiatan ini didampingi oleh dua dosen pembimbing yaitu Prof. drh. Ida Bagus Komang Ardana dan drh. Anak Agung Gde Jaya Warditha, M.Kes. Dalam sambutannya, Prof. drh. Ida Bagus Komang Ardana menyampaikan bahwa kegiatan Pelayanan Ternak kali ini lebih menekankan pada tindakan preventif yang diberikan bagi ternak berupa pemberian vitamin, obat cacing, dan antibiotika. Selain itu juga, membantu memberikan sosialisasi manajemen ternak yang baik bagi pemilik hewan atau dalam hal ini disebut juga biosecurity.

“Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai media belajar bagi mahasiswa semester VI yang sebentar lagi akan mengikuti kegiatan Kersos Keswan (Kerja Sosial Kesehatan Hewan) yang dalam hal ini berupa pelayanan ternak,” ujar I Dewa Agung Wydyadnyana selaku ketua panitia Pelayanan Ternak, tentang latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini.

Sebanyak delapan banjar yang mendapat pelayanan ternak. Peserta berangkat ke banjar masing-masing dengan berbekal obat-obatan dan ilmu yang telah diajarkan. Pada kegiatan pelayanan ternak kali ini, didapatkan kurang lebih 56 ekor sapi, 584 ekor babi dan 4 ekor bebek. Semuanya mendapatkan perlakuan seperti pemberian vitamin, obat cacing, maupun antibiotika.

0 Response to "Pelayanan Ternak Minpro Pemberdayaan Masyarakat “Suluh”"