Memperdalam Pemahaman Artikel Ilmiah Melalui Seminar dan Pelatihan Jurnal.


Rabu, 2 Juli 2014 dan Kamis, 3 Juli 2014. Indonesia Medicus Veterinus (IMV) bekerja sama dengan LPM Suara Satwa mengadakan seminar (2/7) dan pelatihan pembuatan jurnal (3/7) di Ruang Sidang lantai 1 Gedung FKH Universitas Udayana.

Hari pertama dilakukan kegiatan seminar. Sebanyak 50 peserta hadir dalam acara ini. Peserta didominasi oleh mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi.

Mengambil tema "Memperdalam Pemahaman Artikel Ilmiah melalui Seminar dan Pelatihan". Dengan harapan setelah diadakan seminar dan pelatihan jurnal, nantinya mahasiswa lebih paham mengenai jurnal termasuk dalam artikel ilmiah. "Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah pemahaman mahasiswa tentang pentingnya jurnal, selain itu mahasiswa yang akan menyelesaikan sarjana, diwajibkan untuk menerbitkan jurnal yang sudah mereka buat,” tutur Riska Adnyani selaku ketua panitia.

Acara seminar dibuka oleh Prof. Dr. drh. I Made Damriyasa, MS selaku perwakilan dari pihak rektorat Universitas Udayana. Ia juga memberikan materi mengenai karya ilmiah di Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan ini panitia menghadirkan pemateri yang berkompeten dan merupakan pelaku dalam hal dunia jurnal, seperti Prof. drh. Anak Agung Ayu Mirah Adi. MSi, PHD, Drh. I Wayan Suardana, MSi, Prof. Dr. drh. I Nyoman Suarsana, MSi. Masing-masing dari pemateri memaparkan secara rinci mengenai hasil, diskusi dan penyelesaian jurnal, kiat-kiat mengacu referensi sampai penulisan artikel ilmiah mengenai pendahuluan, materi dan metode.

Kegiatan hari pertama ditutup dengan pemaparan materi mengenai menulis artikel ilmiah di majalah/jurnal ilmiah oleh Prof. Dr. drh. I Nyoman Sadra Darmawan, MS.

#

Hari kedua, acara dilanjutkan dengan pelatihan. Peserta terjun secara langsung dalam proses pembuatan jurnal yang dipandu oleh pemateri. Dr. drh. I Wayan Batan, MS selaku pendiri IMV turun tangan dalam kegiatan pelatihan, dibantu dengan Dr. drh. I Wayan Suardana, MSi, dan drh. I Made Kardena.

Kebanyakan dari peserta membawa hasil skripsi. Selain belajar membuat jurnal, juga dapat mengetahui perkiraan mengenai jurnal mana yang bisa dituju dengan hasil karya mereka yang seperti itu.

Peserta merasa terbantu dengan dilaksanakannya kegiatan. "Seminar dan pelatihan ini sangat berguna bagi teman-teman yang sedang menyusun tugas akhir seperti saya ini. Saya jadi tahu bagaimana cara menulis tugas akhir yang baik dan sesuai dengan aturan yang benar. Saran saya acara ini harus terus diadakan,”ujar Natasha salah satu peserta.

0 Response to "Memperdalam Pemahaman Artikel Ilmiah Melalui Seminar dan Pelatihan Jurnal."