Debat, Melihat Kesiapan Para Kandidat.


Jum’at, 27 Februari 2015. Layaknya pemilihan presiden beserta wakilnya, pemilihan Gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa dan Pemimpin Umum Lembaga Pers Mahasiswa Suara Satwa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana juga melakukan debat antar kandidat yang bertempat di Ruang Sidang lantai 1 Gedung FKH Unud.

Tujuan diadakannya adalah untuk mengetahui kesiapan para kandidat sekaligus sebagai acuan para mahasiswa untuk memilih sosok pemipin yang tepat. “Dari kegiatan ini akan tampak siapa para calon yang pantas untuk menduduki kursi pimpinan”, ujar Dekan FKH Unud, Dr. drh. Nyoman Adi Suratma, MP saat memberikan sambutan.
“Semoga dengan debat ini muncul inovasi baru untuk FKH Unud yang lebih baik”, imbuhnya.

Kesempatan pertama untuk berdebat diberikan kepada para kandidat calon Pemimpin Umum LPM Suara Satwa, dilanjutkan debat antar pasangan calon Gubernur dan wakil gubernur Badan Eksekutif Mahasiswa. 

Debat dimulai dengan pembacaan visi dan misi dari setiap kandidat, setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian komentar tentang mosi-mosi yang dipandu oleh seorang moderator. Banyak isu yang diangkat mulai dari pentingnya organisasi, fasilitas kampus, akademik, hingga akreditasi fakultas. 

Meski sempat molor satu jam dari jadwal yang telah ditentukan, kendala tersebut tidak menyurutkan semangat para kandidat untuk menunjukan siapa yang berhak dipilih mahasiswa. Terbukti, dari materi yang diberikan moderator, mereka menguasainya dengan baik. Suasana debat semakin menarik ketika para audien juga memberikan pertanyaan untuk menanggapi setiap visi dan misi yang disodorkan setiap calon.

Debat kandidat merupakan salah satu rangkaian Pemilu Raya FKH Unud, dimana acara puncak pemilihan akan dilaksanakan 5 Maret 2015 mendatang. I Dewa Nyoman Alit Purnata selaku ketua panitia Pemira berharapa, agar partisipasi mahasiswa dalam pemira tahun ini jauh lebih banyak dari tahun lalu. “Satu menit berharga untuk satu tahun ke depan”, ucapnya. (Hartina)

0 Response to "Debat, Melihat Kesiapan Para Kandidat."