Dari Unggas Hingga Harimau

Minat Profesi Satwa Liar Rothschildi  mengadakan Seminar Nasional yang bertemakan “Reproduction in Wildlife”  di gedung Doktor Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Udayana, Sabtu (2/4). Dihadiri oleh Dr. drh. Nyoman Adi Suratma, MP selaku Dekan FKH Unud, drh. I Made Kardena, MVS selaku Pembantu Dekan III FKH Unud, Pembina Minpro Rothschildi yakni drh.Srikayati Widyastuti, M.Si dan Dr. drh.I Wayan Batan, MS, Perwakilan Senat Mahasiswa dan Ketua Minpro-Minpro yang ada di FKH Unud . Seminar ini diikuti oleh 107 peserta dari berbagai FKH yang ada di Indonesia seperti UNSYIAH,UGM,UWKS,UNAIR,UB, UNUD dan beberapa praktisi dokter hewan.

Rangkaian acara terdiri dari tiga sesi. Sesi pertama diisi oleh dua pembicara , yaitu drh. I Wayan Bebas.M.Kes dengan materi Reproduksi Ayam Hutan Hijau dan Konservasi Melalui Teknologi Kawin Suntik. Kemudian dilanjutkan, pembicara kedua yaitu drh.Slamet Raharjo,M.P yang menyampaikan tentang Manajemen Reproduksi Pada Reptil.

Pada sesi kedua, materi disampaikan oleh Dr. drh. Muhammad Agil M.Sc. Agr., Dipl. ACCM yang menyampaikan dua materi sekaligus, yakni Reproductive Biology of the Rhino : Diversity, breeding problem, and Propragation Programs dan Reproductive Biology of the Elephant : Reproductive Systems and Consequence of Long Term Pregnancy.

Di sesi terakhir, Pemaparan materi disampaikan oleh Dr.drh.I Ketut Suatha M.Si tentang Teknologi Reproduksi IVM (In Vitro Maturation) Pada Monyet Ekor Panjang dan dilanjutkan oleh Dr. drh. Ligaya ITA Tumbelaka,Sp. MP. M.Sc mengenai Ilmu Reproduksi Penunjang Penangkaran Harimau Sumatra.

Dr. drh. Ligaya ITA Tumbelaka,Sp. MP. M.Sc sedang memaparkan materi
Berbeda dari seminar-seminar sebelumnya, konsep seminar kali ini bergaya layaknya talkshow. Tujuannya agar peserta seminar tidak jenuh mengikuti serangkaian acara seminar dan dapat menyerap ilmu dengan baik. Para peserta antusias mengikuti rangkaian acara seminar kali ini. Salah satunya Yudhistira Wedartama, mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada mengaku seminar yang diadakan Rothschildi tahun ini menarik dan bermanfaat khususnya untuk mahasiswa baru. Menurutnya, dengan mengikuti seminar ini dia merasa selangkah lebih tahu dari teman- teman yang tidak mengikuti seminar. “Semoga seluruh FKH di Indonesia lebih rutin menyelenggarakan seminar yang berbobot seperti seminar kali ini karena akan sangat berguna untuk kedepannya.”harap Mahasiswa yang duduk di semester dua ini.

Di penghujung acara, panitia memberikan kejutan bagi peserta dengan memberikan kuis yang hadiahnya voucher gratis masuk Bali Zoo dan cindera mata. Selanjutnya, acara diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh delegasi dan pembicara.

Semoga Minpro Satli Rothschildi mampu memberi semangat pada Minpro lain untuk meningkatkan citra fakultas melalui seminar nasional serta mampu menjaga relasi lebih baik lagi antar Fakultas Kedokteran Hewan se-Indonesia.

Salam Lestari ! (Luvi dan Lili)




0 Response to "Dari Unggas Hingga Harimau"